Home > tips n trick > Sehat Dengan Olahraga Jalan Kaki

Sehat Dengan Olahraga Jalan Kaki

Tantangan pertama untuk berolahraga biasanya adalah rasa malas. Tapi sekali-kali, cobalah bangun di pagi hari, pergilah ke gelanggang olah raga atau alun-alun. Rasakan kesejukan pagi, udara yang masih bersih dan menyegarkan.

Berjalanlah mengitari lapangan dengan santai sembari menikmati pagi dengan orang-orang yang sama-sama berolahraga. Meskipun tampaknya sepele, namun olahraga jalan kaki memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, disamping itu olahraga ini juga semakin populer.

Menguatkan Jantung
Sempatkanlah untuk berjalan kaki setidaknya 30 – 60 menit setiap hari. Hal tersebut terbukti dapat menurunkan resiko serangan jantung, seperti pada sebuah penelitian di Amerika terhadap 12 ribu orang yang memiliki resiko mendapat serangan jantung, resiko tersebut turun 30% setelah melakukan olahraga jalan kaki beberapa waktu.

Menaikkan Suasana Hati
Cara paling mudah dan murah untuk mengatasi stres adalah dengan jalan kaki. Jalan kaki dapat menstimulasi keluarnya endorfin, yaitu zat yang mampu menaikkan suasana hati.

Memperkuat Tulang
Tulang penting sekali untuk dijaga agar tetap kuat. Jalan kaki merupakan salah satu cara menguatkan tulang dan dapat memperlambat osteoporosis. Dengan rutin melakukan olahraga jalan kaki, tulang kita akan menjadi lebih tebal, kuat, dan lebih tahan terhadap osteoporosis.

Menurunkan Berat Badan
Biasanya orang mulai merasa kelebihan berat badan, mendadak jadi rajin berolahraga. Tapi karena olahraga yang terlalu berat atau alasan-alasan lain malah akhirnya berhenti dan menyerah, atau kadang malah sakit. Cobalah olahraga jalan kaki, selama berjalan kaki terjadi metabolisme yang sangat cepat sehingga kalori yang dibakar lebih banyak. Olahraga ini juga cocok untuk orang yang berat badannya berlebihan, karena tidak menyebabkan benturan-benturan pada persendian dan kecil kemungkinan jatuh sehingga aman dilakukan.

Menyembuhkan Sakit Pinggang
Jalan kaki dapat menguatkan dan menaikkan tonus otot-otot sehingga tulang pinggang menjadi lebih stabil dan sakit pinggang berangsur membaik.

Menguatkan Badan
Gerakkanlah juga badan bagian atas, seperti tangan, bahu, dan leher disamping tubuh bagian bawah (kaki, pinggul dan perut) yang bergerak pada saat melakukan jalan kaki.

Menambah Kreatifitas
Olahraga jalan kaki yang dilakukan secara rutin mampu memperlancar aliran darah ke otak, sehingga otak menjadi lebih jernih dan kreatif.

Mengurangi Keinginan Merokok
Jalan kaki juga bisa mengurangi keinginan untuk merokok. Karena itu, cobalah rutin melakukan jalan kaki khususnya bagi yang ingin menghentikan kebiasaan merokok.(ez) yang-ini.blogspot.com

source: (foto) co.dakota.mn.us

Categories: tips n trick
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: