Home > tips n trick > Cara Mengatasi Kantuk

Cara Mengatasi Kantuk

Saat masih SMA dulu, saya terkenal sebagai raja tidur di kelas. Pelajaran sejarah yang membosankan atau pelajaran matematika yang tidak mengerti-pun jadi langganan saya untuk bermimpi di siang bolong. Kalau sudah benar-benar ngantuk maka saya nekad membolos. Bukannya untuk nge-mall atau kemana-mana, tapi waktu membolos itu saya habiskan di bilik sebelah kantin sekolah – tidur dong.

Sebenarnya ada beberapa cara/tips yang bisa dipraktekan untuk mengusir rasa kantuk. Rasa kantuk yang biasanya meyerang saat kita mendengarkan pidato, ceramah, sekolah atau kuliah. Berikut ini saya bagikan beberapa cara mengusir rasa ngantuk:

1. Berpikirlah.
Rupanya, resep yang satu ini adalah yang paling major. Jika ngantuk – berpikirlah. Cobalah untuk memusatkan perhatian pada acara yang sedang berlangsung, seperti pidato, ceramah, kuliah atau apapun itu. Dengan berpikir maka otak kita akan terpacu dan hilanglah rasa kantuk. Jika kita sedang dalam acara seminar atau presentasi, maka cobalah untuk membuat pertanyaan untuk ditanyakan.

2. Makan Permen
Cobalah untuk menggerakkan dan merangsang otot-otot mulut serata kerongkongan. Permen karet atau permen kenyal dengan rasa masam akan lebih ampuh mengurangi kantuk kita. Jika tak ada permen, cobalah makan makanan lain.

3. Menggigit Ujung Lidah
Jika merasa malas berpikir atau tidak punya permen untuk dikunyah, maka cobalah untuk menggigit-gigit ujung lidah. Cara ini sering saya praktekkan jika sedang menonton bola di tengah malam dan tak ada permen atau camilan. Tapi ingat jangan terlalu kuat, hanya menggigit-gigit kecil saja lho.

4. Beranjaklah Sejenak
Agar kejenuhan pikiran dan tubuh terobati, cobalah untuk berdiri sejenak lalu mencari udara segar. Pergilah ke toilet untuk membuang air kecil. Regangkan dan buatlah otot-otot rileks sebelum kita kembali lagi mendengarkan pidato/ ceramah.

5. Mencari Teman Senasib
Cobalah tengok kanan-kiri, cari dan perhatikan teman-teman kita yang sedang terkantuk-kantuk dan berusaha setengah mati melawannya. Pasti lucu dan setidaknya dapat memancing senyum kita. Jika memungkinkan, ajaklah dia ngobrol dan lontarkanlah jokes ringan.(ez)yang-ini.blogspot.com

Categories: tips n trick
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: