Home > tips n trick > 30 Tips Mengatasi Insomnia

30 Tips Mengatasi Insomnia

oto:jenfong.com

Apakah kamu kesulitan tidur?
Berusaha memejamkan mata tetapi masih saja tidak bisa tidur?
Atasilah segera, karena bisa jadi penyebabnya karena penyakit atau masalah psikologis.

Tahukah kamu, bahwa satu diantara tiga orang mengalami insomnia/susah tidur? Bukan hanya saat akan tidur saja, namun kesulitan juga dalam melanjutkan tidur dan sulit untuk bangun secara teratur dan berkelanjutan. Sudah barang tentu, hal ini tidak mengenakan dan dapat berpengaruh buruk terhadap aktivitas kita.

Berikut ini 30 tips dan cara untuk mengatasi insomnia/susah tidur.

1. Tidur dan bangun pada jam yang teratur setiap malam. Biasakanlah hidup secara teratur, termasuk saat menjelang tidur. menyikat gigi pada waktu yang sama setiap harinya, mandi, berganti pakaian, mengucapkan selamat tidur kepada keluarga, mematikan lampu pada waktu yang teratur dan secara berkelanjutan. Hal ini akan membantu kita mengatasi masalah kesulitan tidur.

2. Periksakan ke dokter
Insomnia juga bisa diakibatkan oleh sirkulasi tubuh yang tidak seimbang. Sebagai contoh dalam kasus bipolar disorder yang mengakibatkan tidak teraturnya waktu tidur kita.

3. Carilah penyebabnya
Mencari penyebab kesulitan tidur memang tidak mudah. Namun kebanyakan diakibatkan karena adanya tekanan, kegelisahan, dan depresi. Penyebab lainnya bisa disebabkan karena penyakit, pengobatan, konsumsi makanan dan gaya hidup, lingkungan atau bisa juga karena ketidaknyamanan tempat tidur.

4. Enam jam sebelum tidur, Perhatikan konsumsi makanan berikut:
a. Alkohol
b. Caffeine
c. Ginseng
Usahakan untuk menghindari konsumsi makanan/minuman diatas karena akan menyebabkan kita sulit tertidur.

5. Berolahraga
Menyediakan waktu 30 menit untuk berolahraga cukup ampuh mengatasi masalah insomnia. Berjalan termasuk olahraga yang sangat baik.

6. Usahakan untuk terkena sinar matahari
Meskipun sulit kita lakukan pada saat cuaca mendung/hujan, tapi jika kita terkena sinar matahari dalam jumlah yang secukupnya, dapat menormalkan siklus “bangun-tidur” kita.

7. Cobalah dulu mengkonsumsi obat tidur alami
Dahulukan pengobatan alami daripada memaksa diri mengkonsumsi pil tidur.

8. Belajarlah bermeditasi atau relaksasi setidaknya 20 menit setiap hari

9. Buatlah kamar tidur senyaman mungkin
Sebisa mungkin buatlah kamar tidur menjadi nyaman. Pencahayaan juga bisa mempengaruhi, aturlah gelap-terang ruangan tidur senyaman mungkin.

10. Jagalah ketenangan
Ketenangan diperlukan untuk mengantar tidur kita. Untuk membantu, dengarkanlah lagu yang lembut sesaat sebelum tidur atau bisa dengan ‘white-noise’ sampai akan bangun tidur. White noise bisa kita dapatkan secara online, coba saja browsing di internet.

11. Dengarkan musik yang lembut sebelum tidur
Usahakan untuk tidak mendengarkan musik yang bisa membuat kita mengetuk-ngetukan jari. Dengarkanlah musik yang lembut dan relax untuk mengiringi awal tidur kita. Nikmatilah dan pejamkan mata.

12. Gunakanlah kamar tidur hanya untuk tidur
Jadikan kamar tidur hanya untuk tidur, bukan sebagai ruang kerja. Sebagai contoh, jangan menghitung pajak atau tagihan rekening saat kita akan tidur.

13. Kendalikanlah emosi sebelum tidur
Emosi bisa kita bawa ke tempat tidur, sehingga menyebabkan kita kesulitan tidur. Sebelum tidur, hindarilah menonton film horor, mendengarkan musik yang keras, atau menonton film dokumenter yang rumit.

14. Gunakanlah kaos kaki saat tidur
Benda kecil ini akan mengejutkanmu dengan kemampuannya membuatmu tertidur.

15. Jika kedinginan, gunakanlah penghangat lengan

16. Buanglah segala kekhawatiranmu sebelum tidur
Jika kamu percaya kepada Tuhan, berdoalah dan serahkanlah segala permasalahanmu kepadaNya karena Dia tidak pernah tertidur. Pilihan lain adalah dengan menggunakan visualisasi diri untuk membuang semua permasalahanmu, satu demi satu. Cobalah untuk menyelesaikannya sesegera mungkin.

17. Jika cara-cara diatas tidak berhasil, mintalah obat tidur non-addictive ke dokter
Cobalah mengkonsumsi ½ dosis atau dalam dosis yang lebih sedikit terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah rasa kantuk pada pagi atau siang hari saat kita beraktifitas.

18. Sesaat sebelum tidur, katakan pada dirimu sendiri bahwa kamu sangat lelah dan membutuhkan istirahat
Kuceklah mata, atur napas dengan perlahan dan dalam lalu cobalah menguap beberapa kali dan kamu akan benar-benar menguap.

19. Buatlah dirimu senyaman mungkin, baik secara fisik maupun emosi, seperti halnya seorang anak kecil

20. Buatlah tempat tidurmu senyaman mungkin
Gunakan sarung bantal-guling yang nyaman, sprei yang bersih akan membantu kita untuk tidur.

21. Gunakanlah pakaian yang nyaman untuk tidur
Pakaian tidur dari bahan satin bisa membuatmu bergerak lebih bebas saat tertidur.

22. Gunakan selimut bila kedinginan
Saat cuaca dingin, gunakanlah selimut untuk menghangatkan tubuh. Selain bisa menghangatkan, berat selimut juga bisa membuat nyaman untuk tidur.

23. Gunakanlah bantal dan guling

24. Pakailah bantal dengan desain pengganjal leher bila perlu

25. Taruhlah bunga dalam vas di dalam kamar

26. Atur ulang kamar tidurmu dengan posisi yang berbeda
Cobalah atur kembali ruang tidurmu. Rubahlah posisi benda-benda yang ada di kamarmu, jika perlu tukarlah ranjang atau pindahlah ke kamar yang lain.

27. Sugestilah dirimu sendiri bahwa kamu bisa tidur dengan baik

28. Tontonlah film yang khusus dibuat untuk penderita insomnia
Film khusus ini biasanya menampilkan video tentang awan yang bergerak perlahan atau kereta api yang berjalan. Jika kamu tidak suka tayangan sport, cobalah menonton pertandingan golf atau sejenisnya. Kamu juga bisa membuat video kumpulan orang-orang yang menguap dan orang-orang yang sedang tidur.

29. Semprotkan parfum ke tubuh atau bantalmu
Gunakanlah wewangian yang “old-fashioned” seperti wangi lavender, mawar atau honeysuckle yang akan mengingatkanmu pada ibu atau nenek kamu.

30. Manjakanlah diri sendiri
Setrikalah seprei, bersihkan kepala ranjang, mencuci kaki, memakai pakaian tidur yang indah, dan segala hal yang bisa membuatmu merasa dimanjakan oleh diri sendiri akan membantumu merasa nyaman dan siap untuk terlelap.

Nah, dengan anjuran dari tips-tips diatas semoga insomnia para pembaca sekalian dapat diatasi. Tidak kesusahan tidur lagi dan bangun dengan fresh. Seperti apa kata lagu Bang Roma, “Bergadang jangan bergadang… Kalau tiada artinya…” Selamat mencoba dan Have a nice sleep!!(ez)
yang-ini.blogspot.com

Source:WikiHow, Jenfong

***Boleh co-pas tapi sertakan sumber, dan bila berkenan link-back juga ke blog ini yaa… THX***

Categories: tips n trick
  1. pengen zzzz
    October 30, 2010 at 2:25 am

    belum tiduuurr…..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: