Home > Uncategorized > Rahasia 90/10

Rahasia 90/10

Apa itu 90/10
Pernahkah pembaca sekalian mendengar tentang rahasia 90/10? Singkat cerita, setelah saya bersih-bersih kamar, saya menemukan sobekan artikel dari sebuah majalah yang menulis tentang rahasia 90/10. Setelah saya baca-baca, ternyata rahasia yang tidak banyak diketahui orang ini dan menerapkan rahasia ini.

Jika 90 dibagi dengan 10, anak SD kelas 3 pun tahu kalau hasilnya adalah 9. Tapi yang ini lain, 90/10 disini maksudnya adalah 10% kehidupan ditentukan oleh hal-hal yang terjadi pada kita, 90% sisanya ditentukan oleh reaksi atau respon kita.

Bagaimanakah Reaksi Kita
Di dalam hidup kita ada 10% kejadian-kejadian yang menimpa kita dan tidak dapat kita kontrol, seperti contohnya kendaraan yang akan kita pakai untuk berangkat beraktifitas tiba-tiba macet, atau tamu datang ke rumah kita pada pagi hari secara mendadak, contoh lain jika di jalan terjadi kecelakaan sehingga jalanan menjadi macet, dan sebagainya.

Selanjutnya, 90% sisanya adalah bagaimana sikap kita dalam meresponi kejadian yang 10% tersebut. Kita tidak bisa mengatur lampu merah di perempatan, kita tidak bisa mengontrol seribu kemungkinan apa yang terjadi, tapi kita dapat mengontrol reaksi dan respon kita.

Hari Buruk atau Reaksi Buruk?
Sebagai perumpamaan, kita sedang sarapan pagi bersama keluarga. Tiba-tiba tanpa sengaja adik kita menumpahkan secangkir kopi ke kemeja kita. Kita tidak bisa mengendalikan apa yang telah terjadi itu adalah yang 10%. Yang terjadi kemudian akan ditentukan oleh reaksi kita.

Kita bisa saja mengumpat, lalu dengan kasar memarahi adik kita yang telah menumpahkan kopi, setelah itu bisa saja kita menyalahkan istri kita sehingga terjadi pertengkaran mulut, dengan emosi kita mengganti kemeja. Sang adik yang habis dimarahi pun terpaksa menghabiskan sarapannya sambil menangis, dan ternyata dia tertinggal bis sekolah yang biasa mengantarnya ke sekolah.

Karena isteri kita harus segera berangkat kerja, kita jadi harus mengantar adik kita ke sekolah. Dengan terburu-buru kita memacu kendaraan kita secepat-cepatnya karena terlambat, tapi karena melanggar lalu lintas kita jadi kena tilang. Setelah mengantarkan adik, kita berangkat ke kantor dan ternyata sudah terlambat dan dimarahi oleh bos. Karena terburu-buru, ternyata tas kerja kita tertinggal di rumah.

Sesampainya di rumah lagi, hubungan dengan keluarga jadi terasa ada ganjalan. Kenapa hari ini sangat buruk? Apakah karena secangkir kopi yang tumpah? Karena kecerobohan adik? Atau karena polisi yang menilang? Tidak, itu semua karena kita sendiri!

Seandainya Saja
Seandainya saja kita bereaksi lain, mungkin saja kejadiannya tidak begini. Coba saja kita tidak bereaksi kasar saat secangkir kopi tumpah ke kemeja kita, kita mengganti kemeja dan tidak lupa mengambil tas kerja, memastikan adik kita menaiki bus sekolahnya, lalu mencium isteri kita sebelum berangkat kerja, lalu kita tiba di kantor 5 menit lebih awal dan dengan semangat menyapa rekan-rekan di kantor.

Awal Sama, Akhir Berbeda
Lihat perbedaannya, dua skenario yang berbeda. Keduanya berawal dari peristiwa yang sama, tapi berakhir dengan berbeda. Semua itu disebabkan dari yang 90% tersebut, yaitu reaksi kita. Maka dari itu kita harus bisa lebih sabar dan berlaku bijak dalam menyikapi hal-hal yang terjadi diluar kontrol kita.

Sebuah pesan rahasia yang sangat bagus menurut saya. Selamat merenungkan dan mempraktekan. Have a Nice Day!(ez)
yang-ini.blogspot.com

Source:ManSon

**boleh co-pas tapi sertakan sumber dan jangan lupa link-back ke blog ini juga yaa… Thx****

Categories: Uncategorized
  1. kuch
    October 25, 2010 at 8:08 am

    wah ini masih belum diasadari oleh kebanyakan orang, ini bisa menjadikan kita menjadi lebih yahudjadi

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: