Home > Uncategorized > Tips Soundman: 3 Way Crossover

Tips Soundman: 3 Way Crossover

Tiba-tiba kepingin nulis sound nih. Jadi postingan kali ini, saya akan sedikit mengupas mengenai sistem 3 Way Crossover dengan sistem jumper pada Power Amplifier. Artikel ini saya dapat dari tabloid MuMu tahun 2001 dan ditulis oleh Pa-Cik (Sakti Goenawan) yang merupakan Sound Engineer senior yang biasa menangani tata suara sejumlah grup rock terkemuka. Meskipun artikel ini sudah berumur hampir satu dasawarsa, namun yang namanya ilmu selalu saja berguna. Selamat menyimak dan semoga bermanfaat khususnya untuk para pembaca yang sedang belajar sound engineering.

Perhatikan Kabinet Speaker
Untuk merangkai sejumlah speaker dengan sistem 3 Way Crossover dengan sistem jumper pada PA, kita harus memperhatikan box (kabinet) speaker yang akan dirangkai haruslah sama bentuknya. Selain karena pertimbangan estetika, kita juga bisa mendapatkan suara yang maksimal.

Perhatikan pula jenis impendansi maupun ukuran watt-nya. Misalnya, untuk speaker berjenis middle range (mid) diameter 10 inch sebaiknya kita gunakan 10 buah. Tempatkan 4 buah di sisi kanan dan empat lainnya di sisi kiri panggung. Tentu saja dengan merek dan tipe yang sama pula. Terutama tingkat impedansi (hambatannya) yang biasanya ditandai dengan simbol Ohm.

Seimbangkan Speaker
Yang penting, speaker-speaker dengan frekuensi sejenis tidak boleh berlainan untuk satu ukuran. Dalam penempatan speaker sebelum diinstal ke Power Amplifier jumlah boks speaker di sisi kiri dan kanan juga harus berimbang. Misalnya, jika empat buah di kiri, maka di sisi kanan juga harus empat buah. Demikian juga jika jumlah speaker jenis Sub (Sub-woofer untuk frekuensi rendah) di sisi kiri dua buah maka di sisi kanan juga harus dua buah.

Komposisi demikian akan memudahkan kita dalam menghitung jumlah total nilai tahanan semua speaker. Setelah semua terpasang, kita juga mudah mengenali respon speaker terhadap masing-masing rentang frekuensi. Setelah itu barulah kita lihat berapa besar daya (Watt) PA yang tersedia. Jika dayanya terlalu kecil dibanding jumlah penonton/ruangan/lapangannya maka sebaiknya gunakan sistem penyambungan Mono Jumper (lihat gambar).

Keuntungan Sistem Penyambungan Mono
Keuntungan dari sistem penyambungan “mono” adalah, kita bisa memaksimalkan volume suara dari Power-amp A/B dengan cara mengatur potensio volume di Power-Amp itu sendiri. Sebaiknya di dalam perhitungan pemasangan speaker kita komposisikan dalam hitungan tekanan terendah, yaitu 4 (4 Ohm) saja. Ini juga harus dilihat kemampuan speaker serta PA-nya. Tingkatan jenis tiap Power juga harus disesuaikan dengan daya Watt masing-masing speaker. Yaitu mulai dari tingkat power terkecil sampai Power hitungan besar.

Perhatikan kabel-kabel yang keluar dari PA adalah kabel-kabel jenis coaxial. Yaitu kabel yang berisi dua macam serabut. Bagian dalam berisi kabel positif yang dibalut serabut luar untuk masa (ground). Sedang kabel-kabel di dekat speaker kebanyakan kabel tunggal yang berfungsi sebagai penghubung secara seri.

Telitilah Kembali dan Nyalakan
Telitilah kembali, dan jika semuanya telah terpasang dengan baik, hidupkan tombol power (on). Ingat sebelum menghidupkan power, semua potensio, baik putar maupun geser harus dalam keadaan tertutup. Cara ini untuk menjaga kemungkinan adanya hubungan pendek atau kebocoran pada kabel-kabel coaxial. Kondisi tersebut, akan mengakibatkan suara keras secara tiba-tiba dari speaker yang seringkali membuat speaker jebol.

Setelah tombol power dalam posisi ON, bukalah tombol main volume dengan perlahan. Setelah aman, barulah buka satu per satu volume masing-masing channel yang telah dicocokkan dengan masing-masing instrumen. Dengan ketelitian dan kecermatan, maka kita tidak akan melakukan kesalahan fatal yang dapat merusak peralatan sound kita. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.(ez)
yang-ini.blogspot.com

source: Mumu

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: