Home > Jalan-Jalan, Kelontong, misteri > 10 Kuburan Paling Unik di Dunia

10 Kuburan Paling Unik di Dunia

Benjamin Franklin, seorang tokoh kondang Amerika pernah menulis dalam sebuah surat yang ia tujukan kepada temannya: “di dunia ini tak ada yang dapat dikatakan menjadi pasti kecuali kematian.” Ketika hal tak terelakkan itu terjadi, maka diadakanlah upacara pemakaman, ritual, dan upacara-upacara lain yang harus dilakukan. Kebiasaan pemakaman tersebut memiliki usia sama dengan peradaban itu sendiri. Dan memiliki variasi dari satu wilayah ke wilayah lainnya.

Dalam banyak budaya dan agama, kuburan (coemeterium dari kata Yunani atau koimeterion dalam bahasa Latin, yang berarti tempat tidur) digunakan untuk upacara kematian, penguburan, berkabung, dan peringatan. Bahkan kini, kuburan bersejarah juga telah menjadi obyek wisata pekuburan populer nan atraktif karena keunikannya. Rupanya sisi ‘gelap’ pariwisata ini telah menjadi fenomena yang berkembang di seluruh dunia.

Berikut adalah daftar top 10 pemakaman paling unik di dunia:

10. Pemakaman Hewan Peliharaan Pertama di Dunia

Cimetière Des Chiens, kuburan dunia hewan peliharaan pertama

Cimetière des Chiens adalah pemakaman untuk anjing dan hewan domestik lainnya. Kuburan ini dikatakan sebagai kuburan hewan peliharaan tertua di dunia. Kuburan hewan peliharaan ini terletak di Asnières-sur-Seine, sebuah komune di pinggiran barat laut Paris, Perancis. Dibuka pada 1899, Cimetière des Chiens dibangun untuk menanggapi undang-undang Perancis yang menyatakan bahwa pemilik hewan peliharaan tidak diperbolehkan untuk membuang mayat hewan mereka di sampah atau Sungai Seine. Batu nisan yang paling terkenal adalah milik Rin Tin Tin, anjing Amerika legendaris yang membintangi berbagai film-film Hollywood.

9. Highway to Hell?

Pemakaman Stull, Gerbang Neraka

Terletak di Kansas, pemakaman ini telah mendapatkan reputasi sebagai salah satu pemakaman paling angker dan berhantu di dunia. Beberapa orang bahkan menganggap kuburan ini adalah salah satu dari tujuh pintu gerbang menuju neraka. Ada begitu banyak legenda, cerita tentang sihir, hantu dan kejadian-kejadian supranatural disana. Bahkan Paus Yohanes Paulus II konon pernah memerintahkan jet pribadinya untuk tidak terbang di atas Stull ketika ia sedang dalam perjalanan ke Colorado pada tahun 1995. Paus menganggap Stull adalah “tanah yang tidak suci”.

Tapi seberapa menakutkan tempat ini? hingga menjadikan pemakaman Stull ini kontroversial. Ada sebuah cerita rakyat tentang adanya anak iblis setengah manusia yang dikuburkan di sana bersama ibunya. Mungkin itulah sebabnya setan gemar mengunjungi Pemakaman Stull minimal sekali (dalam versi lain mengatakan dua kali) dalam satu tahun sejak 1850. Namun, Tracy Morris, penulis seri Tranquility dari misteri humor paranormal, mengajukan pertanyaan: “Agaknya, Mrs Lucifer dan sedikit Luci Jr akan masuk neraka setelah mati, yaitu tempat dimana Pangeran Kegelapan memerintah tertinggi. Jadi jika mereka sudah di neraka dengannya, kenapa dia musti mengunjungi makam mereka? Atau mungkin ia hanya ingin berlibur. ”

8. Ambil Gander di Winchester Geese

Makam Cross Bones

Makam Cross Bones, menurut tradisi dari abad pertengahan kuburan ini adalah makam untuk wanita. Makam ini merupakan tempat peristirahatan terakhir untuk pelacur (penduduk lokal menyebutnya angsa Winchester) yang bekerja di rumah bordil London. Pita berwarna-warni, ornamen-ornamen cantik, bunga, bulu, puisi, gambar, dan stoking sutra menghiasi pagar besi kuburan.

Seorang sejarahwan bernama John Stow menulis dalam bukunya Survey Of London 1603 : “Para pelacur disana dilarang mengikuti upacara gereja, selama mereka masih hidup dalam dosa. Mereka juga ditolak dari pemakaman Kristen, jika mereka tidak bertobat sebelum kematian mereka. Oleh karena itu sebidang tanah yang disebut Single Woman’s Church terletak jauh dari paroki.”

7. Pemakaman Mumi Alami
Le Urbania di Mummie

La Chiesa dei Morti, The Church of the Dead , terletak di Urbania, Italia. Pada tahun 1833 dibangunlah sebuah kuburan mumi di dalamnya. Pemakaman ini terkenal dengan fenomena aneh dari mumifikasi alami. Menurut ahli, proses ini disebabkan oleh suatu cetakan tertentu yang telah menyerap kelembaban dari mayat menjadi tubuh kering.

6. Pemakaman Sang Mafia
Pemakaman Mafia di Shirokorechenskoe

Pada 1990-an, Yekaterinburg dikenal sebagai pemimpin Mafia Rusia. Di Shirokorechenskoe ini juga banyak para pimpinan mafia yang menjadikannya tempat peristirahatan terakhir mereka. Kuburan ini sangatlah mahal, bayangkan saja ada marmer hitam, emas, lukisan laser dan batu nisan seukuran granit yang umum ditemukan sini. Bahkan pada salah satu nisannya terdapat tulisan: “Dia adalah seorang ahli dalam menggunakan pisau.”

5. Pemakaman Bawah Laut Pertama di Dunia
Neptune Memorial Reef

The Neptune Memorial Reef (juga dikenal sebagai Memorial Reef Atlantis atau Atlantis Reef) adalah makam air pertama di dunia sekaligus karang buatan terbesar di dunia. Dibuka di tahun 2007, di lepas pantai Miami Beach, Neptune Memorial Reef merupakan tempat peristirahatan terakhir yang sempurna bagi para pecinta laut.

4. Pemakaman Merry
Cimitirul Vesel

Umumnya tempat pemakaman identik dengan kesedihan, tetapi tidak di tempat yang penuh dengan penghiburan ini. Terdapat di Rumania Utara, Merry Cemetery sangat terkenal di seluruh dunia hingga menjadikannya sebuah situs Warisan Dunia UNESCO. Yang luar biasa dari pemakaman ini adalah desain atipikal dari batu nisan, yang dicat dengan tangan dengan warna-warna yang nge-jreng, seperti merah, biru, hijau, dan kuning. Pada sebuah batu nisan salib yang besar, ada sebuah pahatan tulisan dari kayu ek, tulisan lucu dan aneh ini bermaksud untuk menggambarkan kehidupan atau keadaan di mana orang-orang ini meninggal dunia:
Inilah tulisan yang terdapat di salah satu nisan disana:

Under this heavy cross

Lies my poor mother in law.
If she had lived three more days,
I would be lying here and she would be reading.
Burn in hell, you damn taxi
That came from Sibiu!
As large as Romania is,
You couldn’t find another place to stop,
But in front of my house to kill me?

Kuburan unik ini sangat menarik perhatian para wisatawan. Pengonsep kuburan unik ini adalah pengrajin asal Rumania Ioan Stan Patras, yang memulai dengan sebuah patung salib pada tahun 1935. Budaya kuno Dacians, nenek moyang orang Rumania, memandang kematian sebagai pembebasan jiwa abadi. Merry Cemetry adalah mengenai sikap positif terhadap kematian dan menyambutnya dengan senyum.

3. Jembatan Menuju Surga

Jembatan ke surga

Jembatan ke surga, di Alam Xcaret dan Taman Budaya adalah sebuah kuburan Meksiko yang menarik. Strukturnya berdasarkan pada kalender Gregorian, yaitu: kuburan mensimulasikan sebuah bukit dengan tujuh tingkat mewakili hari dalam seminggu dan berwarna-warni. 365 makam di luar hari-hari yang menggambarkan tahun. Pintu masuk utama ada tangga dengan 52 langkah yang mewakili jumlah minggu setiap tahunnya.

Setiap makam memiliki perbedaan dalam desain dan bahan bangunannya. Mungkin orang-orang mengira kuburan ini adalah katedral terkenal, ada pula yang melihatnya seperti sofa atau tempat tidur dengan kepala tempat tidur dan bantal.

2. Peti Gantung Misterius Cina
Gunung Wuyi, Provinsi Fujian

Peti mati adalah kebiasaan pemakaman kuno yangg hanya bisa ditemukan di Asia: ada peti mati tergantung di Cina, Filipina, dan Indonesia. Ada yang digantungkan, dan ada beberapa yang dibaringkan di atas batu. Sedangkan yang lain ditempatkan di dalam gua.

Peti mati gantung orang Bo di Gongxian, Provinsi Sichuan, orang-orang Guyue dari Gunung Dragon Tiger dan orang-orang Guyue dari Gunung Wuyi adalah yang paling terkenal. Peti gantung di Gunung Wuyi adalah yang tertua, diperkirakan sudah berumur lebih dari 3.750 tahun.

1. Kuburan Mesir Kuno

The Cemeteries of Giza dan Lembah Para Raja

Di dataran Giza terdapat Piramida Besar, Sphinx dan ribuan makam. Tempat ini telah menarik banyak wisatawan, arkeolog, sejarawan, ilmuwan dan matematikawan. Piramida Agung (Piramida Khufu atau Piramida Cheops) adalah yang tertua dan terbesar. Rumah sekaligus kuburan Firaun Khufu dibangun dengan lebih dari 2 juta batu selama 20 tahun. Adat pemakaman Mesir kuno yang rumit ini diyakini dappat menjamin keabadian di akhirat.

Lembah Para Raja, sebagai Situs Warisan Dunia, diketahui mengandung lebih dari 60 makam dan 120 kamar. Tempat tersebut juga merupakan tempat pemakaman utama dari tokoh kerajaan utama Kerajaan Baru Mesir. Hingga sekarang masih terus ditemukan makan-makam fir’aun Mesir yang menarik.(ez)
yang-ini.blogspot.com

Source:Vinerean Timeea, toptenz.net

***Boleh copy-paste, tapi sertakan juga sumber-sumber dan jika berkenan link back juga ke blog ini. Thx***

Categories: Jalan-Jalan, Kelontong, misteri
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: