Home > tips n trick > Tips Memilih Buah Durian

Tips Memilih Buah Durian

Tips Memilih Durian

Jika Anda termasuk penggemar berat buah yang satu ini, dapat dipastikan saat musim durian tiba, maka Anda bakal memborongnya. Entah untuk dimakan sendiri atau sebagai pemberian bagi kerabat terkasih. Agar tidak kecewa dengan buah durian yang dibeli, maka kenalilah ciri-ciri durian yang tergolong mantap.

Bentuk Buahnya
Durian yang memiliki bentuk unik dan tidak bulat, biasanya memiliki daging isi yang tebal, manis, dan berbiji kurus.

Durinya
Pilihlah durian yang memiliki duri yang jarang, besar dan agak tumpul karena biasanya durian jenis ini memiliki isi yang bagus, dagingnya kering dan manis. Selain itu, lebih mudah membukanya bukan?!

Kulitnya
Pastikan kulit luarnya tidak cacat. Jika ada cacat pada kulitnya (misalnya busuk atau ada lubang ulat), maka kemungkinan isi dalamnya busuk dan tidak dapat dinikmati.
Jangan memilih buah yang kulitnya sudah retak atau pecah pada ujungnya. Retak atau pecahnya kulit durian akan membuat isi di dalamnya bercampur dengan udara bebas sehingga rasa buah tersebut menjadi asam atau tawar.

Baunya
Durian yang matang akan mengeluarkan aroma yang kuat dan harum. Untuk itu sebelum membelinya cobalah sedikit merapatkan hidung Anda pada durian.
Kalau kurang berbau, artinya durian tersebut tidak sempurna matangnya. Dicurigai buah tersebut matang tidak secara alami melainkan telah dikarbit atau diperam. Buah yang seperti ini tidak lagi segar dan rasanya kurang nikmat.

Menggoncangkan Durian
Anda juga bisa mengecek kelayakan durian dengan cara ini. Gunakan semua jari tangan dan kedua telapak tangan Anda. Tempelkan kedua telapak tangan Anda pada buah durian, diikuti dengan jari-jari tangan Anda, dan pegang erat.

Dengan menggabungkan seluruh jari dan kedua telapak tangan akan mengurangi tekanan dari durinya. Nah, Kemudian gunakan tenaga pada lengan Anda untuk mengangkatnya.

Jika berhasil, cobalah menggoncangkannya perlahan-lahan. Setelah yakin Anda bisa melakukannya, cobalah menggoncangkan sedikit agak keras.

Jika Anda merasakan getaran kecil, itu artinya isi buah tersebut kering dan matang, karena isi yang kering akan terpisah dari dinding kulit dalam. Sedangkan isi yang lembab atau terlalu lunak akan melekat.

Memukul Durian
Gunakan gagang pisau, pastikan bunyinya seperti buk…buk….buk…

Semoga tips ini bermanfaat buat penggemar durian.

Categories: tips n trick
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: