Home > Kelontong > Top 10 Makanan Aneh di Dunia

Top 10 Makanan Aneh di Dunia

Artikel ini sangat disarankan untuk dibaca oleh orang-orang yang sedang diet. Bacalah sampai selesai dan semoga saja progam dietmu langsung sukses. hehe…

Makanan paling aneh apa yang sudah pernah kamu makan? Apakah sudah mengalahkan ke-sepuluh makanan aneh ini? Ada yang mengatakan bahwa sampah seseorang adalah sebuah harta karun. Hal yang sama berlaku pula untuk makanan. Walaupun bisa berarti sebuah mimpi buruk bagi seseorang, tapi bisa juga menjadi kelezatan bagi orang lain.

Sebut saja, lidah sapi, moncong babi, kaki ayam, cacing goreng, kaki katak atau siput tumis, dan sederet daftar makanan aneh yang tidak ada habisnya. Kadang memang ada yang enak juga lho. Tapi makanan-makanan tersebut sebenarnya masih tergolong umum.

Nah langsung saja, ini dia top 10 makanan paling aneh di seluruh dunia:

*perhatian: posting ini bukan untuk dikonsumsi bagi orang yang mudah muntah*

10. Sandwich Otak Goreng

Jauh sebelum jaman penyakit sapi gila, otak sapi yang diselipkan pada dua roti putih tipis adalah menu yang umum St Louis, Missouri, Amerika Serikat. Sekarang sandwich ini masih tersedia di Ohio River Valley dengan sedikit perbedaan, yaitu disajikan dengan roti hamburger. Di El Salvador dan Meksiko ada otak sapi yang biasa disebut sesos dalam bahasa Spanyol. Bahan yang diracik adalah taco dan burrito. Otak memiliki tekstur lembek dan aroma asli yang sangat tipis, sehingga penambahan saus panas dalam jumlah yang banyak sangat disarankan.

 

9. Haggis

Makanan ini adalah hidangan tradisional Skotlandia. Berasal dari hewan domba yang diambil hatinya, jantung dan paru-paru cincang lalu dicampur dengan bawang merah, rempah-rempah, garam, oatmeal, dan bumbu lainnya. Yang menarik adalah, bahan-bahan tadi direbus di dalam perut domba selama beberapa jam. Larousse Gastronomique, sebuah ensiklopedia gastronomi populer, mengklaim bahwa Haggis memiliki rasa gurih dan sangat bertekstur. Haggis biasa dijual di supermarket Skotlandia, namun tidak dimasak dalam perut domba melainkan dengan sebuah perut domba buatan. Bahkan ada Haggis yang dijual dalam kaleng yang tinggal dipanaskan di microwave sebelum dimakan. Hidangan serupa dapat ditemukan di negara-negara Eropa lainnya, baik itu dari kambing, babi atau daging sapi yang digunakan sebagai pengganti domba.

 

8. Serangga

Dalam dunia makanan, praktek memakan serangga disebut entomophagy. Ternyata praktek ini sudah cukup umum beberapa belahan dunia kecuali Eropa dan Amerika Utara (meskipun serangga adalah menu favorit di acara televisi “Fear Factor”). Di Bangkok kita bisa dengan mudah menemukan pedagang yang menjual belalang goreng, jangkrik, kalajengking, laba-laba dan cacing di jalan-jalan. Serangga yang kaya protein ini sebenarnya terdiri dari asam lemak tak jenuh dan vitamin. Bahkan ada kue coklat chip yang menggunakan serangga sebagaiu campuran bahan. Jadi, kalau-kalau ada lalat hinggap di sup, mungkin bisa menjadi tambahan nutrisimu.

 

7. Tiram Rocky Mountain

Tiram? Apanya yang aneh? Tunggu dulu, tiram disini bukan binatang laut yang sudah biasa kita konsumsi itu lho. Tapi, sebuah nama mewah yang diberikan untuk testis banteng goreng, kerbau atau babi hutan. Rocky Mountain oysters (tiram) atau yang disebut juga dengan Prairie Tiram adalah masakan terkenal yang biasa dinikmati di beberapa bagian di Amerika Serikat dan Kanada, biasanya lazim dijumpai di daerah peternakan. Untuk memaksaknya, pertama testis dikupas terlebih dahulu, lalu direbus dan digulung dalam campuran tepung. Goreng dan biasanya dihidangkan dengan saus koktail.

 

6. Onta Isi

Resep membuat makanan berbentuk seperti boneka unta ini seperti sebuah lelucon saja. Bagaimana tidak, makanan ini terdiri dari sebuah onta utuh, satu domba utuh dan 20 ayam utuh. Guinness Book of World Records bahkan mencatatnya sebagai resep dengan item terbesar di seluruh dunia. Lalu dengan resep sedemikian banyaknya itu apakah benar-benar bisa dimakan? Ada yang mengatakan bahwa bahwa keseluruhan masakan tradisional orang Bedouin ini tampaknya dibuat seperti Russian Stacking Doll, yaitu masakan dari unta yang diisi dengan domba utuh, lalu domba diisi dengan ayam dan ayam diisi dengan telur serta beras. Ramuan utuh kemudian panggang sampai matang dan siap disajikan. Nyata atau bohong, makanan rupanya pantas untuk masuk dalam daftar.

 

5. Hakarl

Anthony Bourdain, orang yang dikenal telah memakan beberapa makanan aneh di dunia, mengklaim bahwa hakarl adalah makanan yang paling menjijikkan yang pernah dimakannya. Dibuat dari hiu yang difermentasikan selama dua hingga empat bulan. Makanan Islandia yang baunya seperti amoniak ini biasanya tersedia di toko-toko Islandia dan disajikan dengan kotak plus tusuk gigi untuk menyantapnya.

 

4. Fugu

Fugu adalah kata dalam bahasa Jepang untuk ikan predator beracun bernama puffer. Ikan ini memiliki tetrodotoxin (duri-duri) beracun yang mematikan. Hanya koki khusus dan terlatihlah (yang menjalani dua sampai tiga tahun pelatihan dan telah lulus tes resmi) dapat memasak ikan ini. Beberapa koki masih menyisakan sedikit racun pada masakan ikan ini, sehingga menyebabkan sensasi kesemutan di lidah dan bibir.

 

3. Casu Marzu

Makanan ini ditemukan di kota Sardinia, Italia. Casu Marzu adalah keju yang sebenarnya merupakan rumah bagi larva serangga. Larva ini sengaja ditambahkan ke keju untuk menambah tingkat fermentasi hingga titik lemak keju menjadi rusak. Membuatnyapun memerlukan kehati-hatian karena seekor cacing kecil saja bisa melompat tembus cukup jauh jika ia merasa terganggu.

 

2. Sannakji

Sashimi dan sushi tersedia di seluruh dunia, makan makanan laut mentah tidak lagi dianggap suatu petualangan makan. Tapi sannakji, makanan Korea ini adalah sesuatu yang sangat berbeda. Untuk membuatnya, pertama bayi gurita diiris lalu dibumbui dengan minyak wijen. Tentakel yang masih menggeliat-geliat ketika hidangan ini disajikan dan jika tidak dikunyah hati-hati, penghisap-penghisap kecil pada tentakel ini dapat menempel pada mulut dan tenggorokan. Tentu saja ini bukan hidangan untuk pengecut.

1. Balut

Balut rupanya ada pada setiap daftar “makanan aneh”, bahkan biasanya di bagian atas. Meskipun tidak lagi menggeliat-geliat seperti Sannakji namun tetap saja makanan ini benar-benar aneh. Telur ayam atau bebek yang telah berembrio direbus dan dimakan di cangkangnya. Balut adalah makanan yang umum di Filipina, Kamboja dan Vietnam dan biasanya dijual oleh PKL. Dikatakan rasa Balut seperti telur dan bebek (atau ayam) yang dijadikan satu.(ez)
yang-ini.blogspot.com

Source: http://www.articlesbase.com
Foto: http://www.moolf.com
oceanexplorer.noaa.gov
amc.edu

***boleh copy-paste tapi sertakan juga sumber-sumbernya. jangan lupa link back juga ke blog ini ya..Thx***

Categories: Kelontong
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: