Home > musik > Timpani Sang Pendorong Klimaks

Timpani Sang Pendorong Klimaks

Rangkaian instrumen ini tampak gagah dibelakang pasukan orkestra. Meskipun letaknya di belakang sendiri, tapi timpani memiliki pengaruh magis yang sangat besar dalam sebuah orkestra. Timpani dapat memberi aksen kuat pada sebuah komposisi dan memberi dorongan ekspresi pada orkestra.

Telur Separuh nan Bongsor
Orang Amerika biasa menyebut instrumen ini half egg (karena bentuknya sepertu potongan telur). Di Perancis sering disebut timbale atau timpani, sedangkan di Inggris disebit dengan ketel drum.

Karena bentuknya yang bongsor, timpani selalu ditempatkan di belakang. Selain alasan estetika, sound balance juga menjadi pertimbangan kuat penempatan instrumen perkusi ini.

Timpani merupakan instrumen bernada yang dipukul dengan alat. Seperti halnya membunyikan instrumen perkusi bernada lainnya seperti marimba, vibraphone, glockenspiel, atau xylophone.

Menunggu Merupakan Musik
Saat memainkannya dalam sebuah komposisi, timpani biasanya hanya dimainkan beberapa kali saja. Pemain timpani juga harus menunggu gilirannya untuk memainkan timpaninya. Namun bagi pemain-pemain timpani handal, menunggu merupakan dari musik itu sendiri.

Timpani sangat menonjol fungsinya untuk orkestra yang memainkan karya-karya romantik dan modern. Meskipun tidak selalu dibunyikan seperti instrumen-instrumen lainnya, timpani memiliki keunikan yang khas dan memberi efek lebar.

Macam dan Cara Memainkannya
Berdasarkan ukurannya, timpani dibagi menjadi lima macam. Urutan dari diameter timpani yang terkecil adalah 20 inch, 23 inch, 26 inch, 29 dan 33 inch merupakan yang terbesar. Jumlah standar timpani adalah dua buah, selanjutnya bisa ditambahkan menyesuaikan kebutuhan lagu.
Timpani modern, seluruhnya menggunakan pedal pengubah nada. Sistem pedalnya ada yang secara mekanis dan juga hidrolis. Perlu ketrampilan dan kecermatan dalam penggunaan alat pengubah nada ini. Misalnya dalam sebuah komposisi dibutuhkan nada D, A, G, C. tapi tiba-tiba pada bagian tertentu harus dimainkan nada B. maka dengan cepat sang penabuh timpani harus menginjak salah satu pedal dari timpani yang bernada paling dekat.

Stik atau mallet timpani berbahan dasar kayu berdiameter kurang-lebih 2 cm. ujungnya berbalut bola kapas yang biasanya terbuat dari bulu biri-biri Eropa yang sangat lembut. Mallet seperti ini biasanya merupakan produk impor, maka dari itu tidak sembarang toko alat musik menyediakannya.

Tabung timpani yang berbentuk seperti mangkuk itu biasanya terbuat dari bahan kuningan atau fiber. Beberapa musisi timpani berpendapat bahwa timpani dengan bahan logam bisa menghasilkan efek suara yang lebih jernih.

Harga sebuah timpani berkualitas sedang dengan ukuran 20 inch berkisar antara 12 sampai 15 juta Rupiah per bijinya. Sedangkan untuk timpani dengan merk terkenal seperti Yamaha atau Adams, harga satu set mencapai 100 sampai 150 juta.

Susanto ‘Sonyol’ Hadi
Di Indonesia, musisi penabuh timpani yang paling ternama adalah Susanto Hadi, atau yang akrab dipanggil dengan nama Sonyol. Pria lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta ini adalah penabuh timpani pada Twilite Orchestra (Addie MS) dan juga di Elfa Secioria, Erwin Gutawa Orkestra serta beberapa orkestra lain.
(ez) sorce:mumu yang-ini.blogspot.com

Categories: musik
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: