Home > Jalan-Jalan > Top 10 Pulau Terindah di Dunia 2010

Top 10 Pulau Terindah di Dunia 2010

Libur telah tiba…hore…

Bagaimana kalau kita habiskan liburan di sebuah pulau terindah di dunia? Bersama keluarga atau orang-orang terkasih.

Waw, pasti bakal jadi liburan tak terlupakan sepanjang hidup. Tapi buat yang masih bingung mencari tujuan berlibur, ini dia top 10 pulau terindah di dunia 2010.
10.Big Island, Hawaii; 9.Maldives; 8.Maui; 7.Sicily…..

Daftar 10 pulau terindah 2010 ini saya dapatkan dari situs Travel and Leisure. seperti biasa, kita harus bangga karena Bali masih tetap menjadi primadona dunia. Tapi apakah masih bertahan menempati tahta jawara seperti tahun lalu?

Setelah saya baca-baca, saya agak sedikit sedih juga. Karena ternyata Pulau Bali turun peringkat menjadi peringkat ke-4, artinya turun tiga peringkat dari tahun lalu. Semoga saja tahun depan Bali bisa merebut kembali takhta pulau terindah.

Langsung saja, ini dia sepuluh pulau terindah 2010 versi Travel and Leisure.

Rank-’09 Ranking-Nama Pulau-Nilai
1 2 Galápagos 90.25
2 4 Kauai 89.00
3 – Cyclades (except Santorini), Greece 88.89
4 1 Bali 88.70
5 – Hvar, Croatia 88.60
6 – Santorini, Greece 88.46
7 – Sicily 88.39
8 6 Maui 88.16
9 8 Maldives 88.00
10 9 Big Island, Hawaii 87.71

1.Galapagos
Selamat ya “Gos…” sudah menjadi pemenang pulau terindah di dunia tahun ini. Tidak heran memang kalau Galapagos menduduki peringkat ini. Karena panoramanya yang menakjubkan, apalagi koleksi kehidupan liarnya yang menjadi nilai plus.

Kepulauan Galápagos terdiri dari 13 pulau-pulau berapi dan bebatuan. Terletak di Samudra Pasifik sekitar 1.000 kilometer sebelah barat pesisir Amerika Selatan.

Secara politis, Galapagos merupakan bagian dari Ekuador. Pulau tertuanya berusia sekitar 4 juta tahun dan yang termuda masih sedang dalam proses pembentukan.
Galapagos terkenal karena jumlah spesies endemisnya yang besar.

Galapagos dibagi menjadi dua bagian, utara dan selatan khatulistiwa. Garis khatulistiwa melewati bagian utara pulau terbesar, Isabela. Charles Darwin pernah melakukan penelitian teori seleksi alam di pulau ini. Terang saja, pulau indah ini semakin terkenal karenanya.

Pada tahun 1959, Galapagos ditetapkan sebagai cagar alam yang melindungi 97,5% wilayah kepulauan ini. Sisanya diberikan dan digunakan untuk pemukiman manusia yang sudah ada pada waktu itu. Sekitar 1.000 hingga 2.000 orang tinggal di sana. Pada 1972 sebuah sensus dilakukan dan sejumlah 3.488 jiwa tercatat. Hingga 1980-an, jumlah ini telah meningkat hingga 15.000 orang.

Pada 1986 lautan di sekitarnya dinyatakan sebagai cadangan kelautan. UNESCO menetapkan Galapagos sebagai Situs Warisan Dunia pada 1978 yang kemudian diperpanjang pada Desember 2001 untuk memasukkan wilayah cadangan kelautan. Yayasan Charles Darwin yang didedikasikan untuk pemeliharaan kepulauan ini didirikan di Belgia pada 1959.

Di kepulauan yang menakjubkan ini, kita bisa menikmati keindahan berbagai spesies yang dilindingi. Binatang seperti, Iguana darat, Iguana laut, Kura-kura Raksasa Galapgos, Geochelone elephantopus, 13 spesies endemis burung kutilang, Pinguin Galapagos, Burung laut yang tak terbang (Nannopterum harrisi)

Sebagai daerah tujuan wisata, Galapagos juga menawarkan berbagai berbagai atraksi yang bervariasi dan menarik. Kita bisa diving ditemani anjing laut dan pinguin yang lucu, atau berkeliling dengan menggunakan kapal atau perahu, bersantai di vila, terbang di atas Galapagos, berjemur di pantai dengan kura-kura Galapagos, menikmati keindahan alam sambil bersantai, expedisi alam dan beraneka macam atraksi alam yang menakjubkan.

2. Kauai
Di bawah Galapagos, ada sebuah pulau yang yang tidak kalah menakjubkan. Kauai, adalah sebuah pulau yang terletak di Hawaii. Pulau ini juga termasuk pulau tertua dan ke-4 terbesar, memiliki luas wilayah 1.446 km². Pulau indah ini dikenal sebagai “Pulau Taman”. Kaua‘i terletak 105 mil (170km) di seberang Selat Kaua‘i, barat daya Oahu.

Pulau ini berasal dari gunung berapi, puncak tertinggi di pulau bergunung ini adalah Kawaikini pada 1.598m (5.243 kaki). Puncak tertinggi kedua adalah Gunung Waialeale dekat pusat pulau, 1.570m di atas permukaan laut. Merupakan tempat terbasah di Bumi, dengan curah hujan rata-rata tahunan 460 inchi (11.700mm), terletak di sebelah timur Gunung Waialeale. Curah hujan tahunan yang tinggi telah mengikis lembah yang dalam di tengah pegunungan, mengukir jurang dengan air terjun yang indah.

3. Cyclades (tidak termasuk Santorini)

Cyclades merupakan sebuah kepulauan di Yunani yang terletak di Laut Aegea, tenggara daratan Yunani; dan merupakan prefektur di Yunani. Kepulauan ini terdiri dari 220 pulau seperti Amorgos, Anafi, Ándros, Antiparos, Delos, Ios, Kéa, Kimolos, Kythnos, Mílos, Mykonos, Náxos, Páros, Folegandros, Serifos, Sifnos, Sikinos, Síros, Tínos, dan Santorini. Pulau-pulau kecil lainnya tidak berpenghuni. Pada tahun 2005, prefektur ini memiliki jumlah pendudu 119.545 jiwa dan memiliki luas wilayah 2.572 km². Prefektur ini memiliki angka kepadatan penduduk 46,5 jiwa/km².

Kita dapat menikmati pulau-pulau yang ada, seperti Kreta, Kos, Lesvos dan Rhodes selama kunjungan anda ke Yunani. Sebuah kepulauan yang menakjubkan, dengan ramuan Yunani dan keindahan alaminya. Kita bakal betah berlibur di kepulauan Cyclades.

4.Bali
Siapa tak kenal Bali? Seluruh penjuru dunia juga tahu, inilah pulau surgawi yang berada di tanah air kita tercinta. Ironisnya, pernah suatu kali saya berbincang dengan seorang bule, dia berkata “saya belum pernah ke Indonesia, tapi saya pernah ke Bali,” Nah lo…

Wisata yang relatif murah, dan panoramanya yang menakjubkan tentu saja menjadi daya tarik tersendiri. Belum lagi penduduknya yang ramah, atraksi yang sangat bervariatif dengan budaya kita yang mengagumkan.

Sebut saja, Pantai Kuta, Sanur, Bedugul, Kintamani, Tanah Lot, berbelanja di Pasar Sukowati atau Galuh, melihat pertunjukan Barong dan masih banyak lainnya. Hotel dan penginapan juga mudah kita dapatkan.

Sangat tidak repot untuk bersenang-senang di Pulau Bali, dengan segala kemudahan dan keramahan Bali. Mau menggunakan biro wisata atau dengan cara backpacking juga sama serunya. Akhh, bulan depan saya mau ke Bali lagi ah.

Meskipun menurut versi Travel and Leisure pulau Bali turun peringkat, tapi pulau dewata ini tetap jadi primadona saya.

5.Hvar, Croatia

Pulau Hvar ini sudah ternama sejak zaman dahulu. Terkenal sebagai sebuah pulau yang strategis dan penuh dengan sejarah, alam yang indah dan budayanya. Penduduknya masih menjaga tradisi setempat dan pulau Hvar juga terkenal akan keindahan malamnya yang mengagumkan. Banyak selebriti yang piknik ke pulau Hvar, penasaran dengan keindahannya, dan tentu saja mereka tidak menyesal.

Kita juga bisa menikmati indahnya lavender, pohon zaitun kuno dan kebun-kebun anggur dengan keselarasan antara manusia dan alam. Kotanya juga sangat indah, dengan bangunan-bangunan khas dan jembatan khas Eropa bisa kita dapatkan di Hvar.

Bersambung……

Sambungannya KLIK DISINI
(ez) yang-ini.blogspot.com

Categories: Jalan-Jalan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: