Home > misteri > Trepanation: Lubang di Kepala

Trepanation: Lubang di Kepala

Mau nggak, sobat nyoba ngebor kepala? Nggak perlu lebar-lebar deh… cukup sebesar ujung jari kita aja deh…. Kayaknya kita tidak perlu menunggu jawabannya, pasti jawabannya adalah: ogaahh…. Tapi seandainya aja ada yang penasaran atau ingin sekedar tahu, baca saja terus.

Perhatian: Postingan ini mengandung foto dan gambar-gambar yang kurang mengenakan. Jadi, kalau teman-teman ngeblog sambil makan atau teman-teman gampang mual, coba baca postingan saya lainnya yang tidak kalah menarik. hehee…

Mau nggak, sobat nyoba ngebor kepala? Nggak perlu lebar-lebar deh… cukup sebesar ujung jari kita aja deh…. Kayaknya kita tidak perlu menunggu jawabannya, pasti jawabannya adalah: ogaahh…. Tapi seandainya aja ada yang penasaran atau ingin sekedar tahu, baca saja terus.

Praktek trepanasi sudah ada sejak zaman neolitik. Tujuan awalnya adalah untuk pengobatan yang berhubungan dengan penyakit dalam dan menyingkirkan roh jahat. Trepanation juga dilakukan sebagai tindakan darurat dalam penanganan luka pada kepala untuk membersihkan darah yang terperangkap di bawah tulang kepala. Hingga saat inipun masih ada praktek trepanation oleh orang-orang Eropa dan Amerika baik yang dilakukan secara independen atau oleh pembedahan dalam dunia kedokteran.

Seiring berjalannya waktu, peralatan yang digunakanpun ikut berkembang. Pada zaman dahulu hanya digunakan sebilah pisau berujung runcing, lalu berkembang menjadi bor tangan hingga bor elektrik pada zaman modern. Hal tersebut bertujuan agar darah mengalir dengan lancar menuju otak sehingga otak dapat berkembang kembali seperti pada kepala bayi yang masih sangat rawan namun otak berkembang dengan cepat.

Pada sebuah pemenemuan di Perancis, sedikitnya terdapat 120 tengkorak yang diperkirakan berumur 6500 sebelum masehi. 40 tengkorak diantaranya memiliki lubang di tengkorak tersebebut. Pada zaman classic dan renaissance, Hippocrates memberi arahan mengenai prosedur trepanation seiring evolusi dalam zaman Yunani.

Pada abad pertengahan, trepanation semakin berkembang. Tujuh dari delapan tengkorak yang ditemukan di Jerman bagian baratdaya membuktian terjadinya penyembuhan dan berhasil bertahan dalam praktek trepanation yang beresiko tinggi ini.

Saat ini, trepanation sudah biasa dilakukan dengan tujuan yang mungkin berbeda. Baik itu oleh dunia medis modern, atau bahkan konon ada yang melakukan self-trepanation lho. The Beatles saja sampai membuat lagu berjudul “Hole in The Head.”

Pernah suatu kali, saya browsing di dunia maya dan menemukan sebuah video trepanation yang dilakukan oleh suku pedalaman Africa.Mereka melakukan trepanation terhadap seorang wanita afrika dengan hanya memakai pisau dan tanpa anastesia. Buat anda yang ingin download atau melihat, KLIK SAJA DISINI. Selain video tersebut, ada juga kesaksian dari orang-orang yang telah melakukannya. (Kalau ga bisa, coba aja browsing pake keyword African Trepanation, pasti ada… Tapi buat yang nggak siap ati, mending nggak usah liat deh… tapi kalo penasaran yaa udaah……hehee…)

 

 

 

Dunia kedokteran modern mendefinisikannya sebagai berikut, Trepanation/ kraniotomi adalah sebuah tindakan membuka tulang kepala yang bertujuan untuk mencapai otak untuk tindakan pembedahan definitif yaitu: Epidural Hematoa (EDH) adalah suatu pendarahan yang terjadi diantara tulang dang dan lapisan duramater; Subdural Hematoa (SDH) atau pendarahan yang terjadi pada rongga diantara lapisan duramater dan dengan araknoidea. Penjelasan medis modern lebih rinci ada di sini

Yang menarik adalah, orang yang telah melakukan trapanation, konon secara alamiah bakalan muncul indra ke-enamnya. Dalam sebuah komik jepang berjudul Homunculus karya Hideo Yamamoto. Dikisahkan bahwa Manabu Ito seorang mahasiswa kedokteran melakukan percobaan trepanation terhadap Susumu Nakoshi dengan imbalan sebesar 700,000 yen. Setelah operasi trepanasi tersebut, Susumu dapat melihat orang yang dilihatnya berubah wujud aneh, contohnya seperti perempuan yang dalam pandangan visualnya berubah menjadi manusia pasir dan bermacam-macam lagi kisahnya.

Nah, untuk anda yang sedang pusing-pusing, migrain atau ingin dapet kesaktian dari indra keenam. Mungkin Trepanation bisa jadi jawabannya. ^_^; gleekkk (ez)
yang-ini.blogspot.com

Sumber:
wikipedia
trepan.com
bedahumum.wordpress.com

Categories: misteri
  1. August 24, 2010 at 1:06 pm

    udah bikin halaman comment yang ga ribet nih…
    silahkan teman-teman komen postingan pertama saya ini ya… postingan lain yang ga kalah menariknya segera menyusul dah…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: