Home > Belajar, musik, tips n trick > Cara Melatih Teknik Dasar Pernapasan Vocal

Cara Melatih Teknik Dasar Pernapasan Vocal

Jangan pernah merayu kekasihmu dengan nyanyian kalau suaramu bikin sakit telinga. Itulah kata mutiara dari saya, silahkan kalau teman-teman bermaksud hendak mengutipnya di halaman depan skripsimu, atau disimpan di buku harian juga boleh. (hahaha)

Jadi, bagaimana cara belajar bernyanyi? Simak ini…

Jika diantara teman-teman ada yang pernah ikut les vokal, maka pada pertemuan-pertemuan awal kita akan dijejali dengan yang namanya teknik pernapasan. Memang terkadang akan membosankan, tetapi justru jika kita bisa menguasai teknik pernapasan dengan baik, maka dengan mudah kita juga dapat mengontrol kelenturan suara kita.

Pernapasan Berpengaruh Terhadap Suara
Pernapasan sangat berpengaruh terhadap suara, napas yang keluar dari paru-paru akan menggetarkan pita suara dalam kerongkongan dengan alat-alat suara yang lain sehingga menghasilkan bunyi. Untuk dapat mengatur kelenturan suara, kita juga harus dapat mengatur pernapasan.

Jenis-jenis Pernapasan
Ada tiga jenis pernapasan yang sering dipakai waktu kita bernyanyi, yaitu: Pernapasan dada, pernapasan perut, dan pernapasan diafragma.

Pernapasan Dada
Terjadi apabila rongga dada mengembang dan perut mengempis sewaktu menarik napas. Rongga dada, bahu, dan leher yang tegang menyebabkan trachea, bronchie, dan paru-paru menjadi ikut tegang. Suara yang dihasilkan akan menjadi kaku dan wilayah suaranya (ambitus) menjadi terbatas. Pernapasan dada tidak dianjurkan untuk bernyanyi, dan jika dilakukan secara terus-menerus malah bisa membahayakan paru-paru.

Pernapasan Perut
Pernapasan perut terjadi apabila perut ikut mengembang sewaktu menarik napas. Cara pernapasan ini memang tidak mengakibatkan ketegangan pada rongga dada, leher, maupun bahu, tetapi tidak mendukung pada suara yang dikeluarkan melalui mulut, apalagi untuk suara tinggi dan bervolume besar.

Pernapasan Diafragma
Terjadi apabila sekat rongga badan ikut mengembang sewaktu menghirup napas. Sekat ini terletak diantara rongga dada dan rongga perut. Pernapasan diafragma merupakan cara yang efektif untuk bernyanyi dan tidak mengganggu organ tubuh lainnya. Selain itu pernapasan diafragma dapat memberi dukungan pada suara yang dikeluarkan, ambitus suara dapat mencapai wilayah yang maksimal.

Kontrol pernapasan diafragma sangat dipengaruhi oleh cara kerja diafragma. Diafragma berfungsi sebagai otot penggerak pernapasan yang membantu proses menghirup, menahan dan menghembuskan napas. Agar dapat mengatur pernapasan dengan sempurna diperlukan sikap badan yang baik, yaitu: Kepala tegak tetapi tidak kaku, bahu tegap dan rileks, dada membusung, punggung lurus.

Latihan Pernapasan
Latihan pernapasan yang intensif dapat membantu kita memperoleh suara yang murni. Berikut ini ada beberap tips untuk berlatih pernapasan.
1. Lakukanlah di ruangan terbuka, atau setidaknya di dalam tuangan dengan sirkulasi udara yang memadahi.

2. Jangan menggunakan pakaian yang ketat.

3. Lakukan pada pagi hari agar mendapatkan udara yang bersih, atau setelah turun hujan agar tidak banyak debu.

4. Lakukan secara rutin dan berangsur meningkat. Sebagai gambaran, pertama lakukanlah latihan pernapasan selama 5 menit dengan berlatih menahan napas selama 5 detik. Kemudian hari berikutnya, tingkatkan menjadi 7 detik, dan seterusnya.

5. Usahakan agar bahu tidak terangkat saat menarik napas. Perhatikanlah, agar tulang rusuk bagian bawah yang mengembang ke samping.

6. Hiruplah udara melalui hidung.

7. Hembuskan napas melalui mulut dengan suara mendesis “sss atau fff” pada permulaan, lau dengan suara “aaahhh.”(ez)yang-ini.blogspot.com

foto:loyalkng.com

About these ads
Categories: Belajar, musik, tips n trick
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: